Pages

Selebrasi Hari Kopi Internasional



Awal Oktober menjadi hari-hari yang meriah dengan ribuan cangkir kopi Indonesia yang dibagikan secara cuma-cuma. Fenomena ini bukan tanpa sebab, Indonesia sedang merayakan Hari Kopi Internasional yang jatuh pada 1 Oktober. Hari Kopi Internasional diresmikan oleh International Coffee Organization (ICO) di London, Inggris tahun 2015 lalu. Organisasi ini terdiri dari 77 negara dengan 24 asosiasi kopi yang bersatu untuk menghadapi tantangan perdagangan kopi dunia melalui kerjasama internasional. (Times Indonesia, 30 September 2016)

International Coffee Day is a celebration of the coffee sector’s diversity, quality and passion. It is an opportunity for coffee lovers to share their love of the beverage and support the millions of farmers whose livelihoods depend on the aromatic crop. – International Coffee Organization


Perayaan ini diselenggarakan di beberapa kota besar pada 1-2 Oktober 2016 seperti It’s Coffee Day di Semarang; Thousands Cup of Coffee 2016 di Yogyakarta; Road to Nusantara Coffee Festival 2016 di Malang; Berbagi 1.000 Gelas Kopi di Pekanbaru; Apresiasi Pelaku Kopi Indonesia di Tangerang; 1.000 Cups Kopi untuk Bogor; Kopi Gratis untuk Bekasi; Cupping and Brewing Together, Celebrate Intenational Coffee Day in Lampung; Surabaya Coffee Festival 2016; dan Secangkir Indonesia di Jakarta.

Penyelenggara berlomba-lomba memperkenalkan kopi Indonesia ke khalayak luas. Masyarakat yang selama ini mengenal kopi dengan rasa pahit atau kopi kemasan dengan aneka rasa, kini disuguhkan kopi single origin dengan berbagai metode seduh yang bisa mengeluarkan karakter rasa kopi. Ada yang menggunakan mesin espresso hingga metode seduh manual. 


Melalui selebrasi ini, semoga semakin banyak masyarakat negeri ini yang mengenal kenikmatan kopi yang diproduksi dari bumi pertiwi. Semakin banyak yang mengapresiasi kopi Indonesia, kopi yang sebelum diseduh melalui proses yang panjang. Kopi yang ditanam dengan sepenuh hati oleh para petani kopi yang kini entah bagaimana kesejahteraannya di tengah-tengah permintaan kopi yang terus meningkat dari hari ke hari.

5 comments:

  1. Semoga para penikmat kopi di Indonesia semakin git juga ya untjk memperkenalkan kopi hasil dari pribumi yang kualitasnya juga oke

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, semoga ya banyak yang menyadari hal ini. Terima kasih sudah mampir :)

      Delete
  2. waaaaah seru! tapi gue gak suka kopi, cuma pecinta coffee shop aja, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih! Semoga ke depannya jadi pecinta kopi ya! Terima kasih sudah mampir :)

      Delete
  3. Gue dulu awalnya penikmat kopi hitam sejati, tapi semenjak negara api menyerang maag gue menjadi tidak tertahankankan dan mulai mencoba dengan campuran latte. Yah lumayan sih meski lebih enak yg asli.

    ReplyDelete