Pages

Indonesia Coffee Events Western Championship 2019



Perhelatan kompetisi kopi nasional kembali digelar tahun ini. Indonesia Coffee Events (ICE) 2019 masih terbagi menjadi dua wilayah, yaitu regional barat dan regional timur. Kompetisi regional barat atau ICE Western Championship meliputi wilayah Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, Banten, Jawa Barat, dan DKI Jakarta. Kompetisi regional timur atau ICE Eastern Championship meliputi wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

ICE Western Championship baru saja diadakan selama enam hari di Bandung pada tanggal 11-16 Januari 2019. Kompetisi regional barat kali ini menggandeng komunitas Manual Brew Community sebagai event partner yang memfasilitasi tidak hanya teknis pertandingan tetapi juga layanan live streaming pertandingan agar bisa disaksikan para coffee enthusiast di manapun berada.

Dari empat kategori yang dipertandingkan, yaitu Indonesia Barista Championship (IBC), Indonesia Latte Art Championship (ILAC), Indonesia Cup Tasters Championsip (ICTC), dan Indonesia Brewers Championship (IBrC); terbagi di dua lokasi yang berbeda. ILAC dan IBrC dilaksanakan  pada 11-13 Januari 2019 di 5758 Coffee Lab. Sementara, IBC dan ICTC dilaksanakan 14-16 Januari 2019 di Noah’s Barn.

Pada pertandingan di lokasi pertama, sebanyak 24 peserta bertanding untuk memperebutkan juara ILAC Western Championship. Juri memilih enam orang peserta untuk melaju ke babak final di hari ketiga yang terdiri dari:
1. Jessy Andra Sari (St. ALI)
2. Parulian Sihombing (Ottoman’s Coffee Brewers)
3. Muhammad Ramiz Abdul Jabbar (Dua Coffee)
4. Robby Firlian (St. ALI)
5. Umar Hasan Abdul Basyir (Djournal Coffee)
6. Ovie Kurniawan (PT Republik Kopi Bandung)

Untuk kategori IBrC Western Championship, terdiri dari 36 peserta yang kemudian dipilih enam orang dengan skor tertinggi menjadi finalis, yaitu:
1. Yoshua Tanu (Common Grounds Coffee Roastery)
2. Muhammad Fakhri (independen)
3. Monika D. J. Zendrato (PT Gordi Kreasi Indonesia)
4. Santoso Ardiansyah (A Tale of Two Coffee Beans)
5. Andi Baginda Adiputra (Starbucks Mall Puri Indah)
6. Josephine (independen)

Pertandingan ICTC Western Championship yang berlangsung di Noah’s Barn diikuti oleh 48 peserta yang kemudian terpilih menjadi empat orang yang maju ke babak final antara lain:
1. Seto Herusatmoko (PT Wibrosky Coffee)
2. Yessylia Violin (PT Republik Kopi Indonesia)
3. Nick Claysius (Contrast Coffee Roastery)
4. Desna Rahman (PT Kopiku Indonesia Roastery)

Pertandingan IBC Western Championship diikuti oleh 24 peserta yang kemudian terpilih enam orang peserta dengan skor tertinggi, yaitu:
1. Raymond Ali (Luthier Coffee)
2. Otto Hidori (Curious People)
3. Muhammad Aga (Shoot Me in the Head)
4. Yessylia Violin (Common Grounds Coffee Roastery / PT Republik Kopi Indonesia)
5. Ananditya Rinaldi (independen)
6. Mikael Fransiskus (PT Republik Kopi Indonesia)

Berikut daftar juara 1, 2, dan, 3 dari masing-masing regional nantinya langsung mendapatkan tempat untuk bertanding di Kompetisi Nasional yang akan berlangsung Februari 2019 di Kuningan City, Jakarta. Peraturan ini berlaku untuk semua kategori kompetisi yang dipertandingkan (ILAC, IBrC, IBC, ICTC).

Para juara dan finalis ILAC Western Championship 2019
Daftar pemenang ILAC Western Championship 2019:
1. Robby Firlian (St. ALI)
2. Muhammad Ramiz Abdul Jabbar (Dua Coffee)
3. Ovie Kurniawan (PT Republik Kopi Bandung)

Para juara dan finalis IBrC Western Championship 2019
Daftar pemenang IBrC Western Championship 2019:
1. Monika D. J. Zendrato (PT Gordi Kreasi Indonesia)
2. Yoshua Tanu (Common Grounds Coffee Roastery)  
3. Andi Baginda Adiputra (Starbucks Mall Puri Indah)

Para juara ICTC Western Championship 2019
Daftar pemenang ICTC Western Championship 2019:
1. Yessylia Violin (Common Grounds Coffee Roastery / PT Republik Kopi Indonesia)
2. Seto Herusatmoko (PT Wibrosky Coffee)
3. Nick Claysius (Contrast Coffee Roastery)

Para juara dan finalis IBC Western Championship 2019
Daftar pemenang IBC Western Championship 2019:
1. Yessylia Violin (Common Grounds Coffee Roastery / PT Republik Kopi Indonesia)
2. Mikael Fransiskus (PT Republik Kopi Indonesia)
3. Muhammad Aga (Shoot Me in the Head)

Monika D. J. Hendarto menggunakan biji kopi yang berasal dari Desa Colol, Manggarai Timur, Flores dengan varietas/kultivar Red Bourbon yang ditanam di ketinggian 1.200-1.400 mdpl. Perwakilan penyeduh dari Gordi ini meracik kopi yang diolah secara natural process menggunakan Timemore Crystal Eye 02 Dripper yang membawanya menjadi juara di kategori ini.

Yessylia Violin Angkasa menyabet dua juara sekaligus untuk kategori ICTC dan IBC. Peramu kopi perempuan dari Common Grounds Coffee Roastery ini menggunakan kopi Sunda Puntang honey process dengan varietas/kultivar Typica yang ditanam di Gunung Puntang, Bandung dengan ketinggian 1.400-1.600 mdpl yang membawanya menjadi juara IBC. 

Selamat untuk para pemenang di masing-masing kategori ICE Western Championship 2019!

Selamat bertanding untuk para peserta ICE Eastern Championship yang diadakan pada  25-27 Januari 2019 di Godang Popsa, Makassar!    

Para peserta yang belum menjadi juara tidak perlu berkecil hati karena sebanyak 18 kompetitor diambil dari peserta dengan skor tertinggi dari Tahap Eliminasi Wilayah Barat dan Timur yang nantinya bertanding pada Kompetisi Nasional. Setelah terpilih juara dari Kompetisi Nasional, masing-masing akan mewakili Indonesia pada pertandingan tingkat dunia. Untuk World Barista Championshiop dan World Brewers Championship akan berlangsung pada Specialty Coffee Expo, 11-14 April 2019, di Boston, Amerika Serikat. Sementara itu, World Latte Art Championship dan World Cup Tasters Championship akan berlangsung pada World of Coffee Berlin, 8-10 Juni 2019, di Berlin, Jerman.

Baca rekapitulasi pertandingan Indonesia Coffee Events 2018 di sini

Follow kami di Instagram @kopitala

No comments:

Post a Comment