Pages

Titik Awal Berkenalan dengan Kopi


Bermula dari mendapat tugas liputan untuk Jurnal Trade Expo Indonesia (TEI) 2014. TEI diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan Indonesia untuk memperkenalkan barang dan jasa berkualitas untuk dipasarkan ke mancanegara. Diundang buyer  dari berbagai negara untuk melihat dan mencicipi langsung ragam produk Indonesia.

Dalam TEI 2014, penulis berkesempatan untuk meliput kegiatan yang diadakan oleh Asosiasi Kopi Spesial Indonesia (AKSI) bertajuk Indonesia Specialty Coffee Auction 2014 and Coffee Events. Melalui tugas liputan kegiatan, penulis berkenalan dengan kopi berkualitas dari dalam negeri. Mendapat pengetahuan baru mengenai proses panjang untuk menghasilkan kopi yang nikmat. Melakukan wawancara dengan praktisi dan profesional yang handal di bidang-bidangnya masing-masing. Merupakan sebuah pengalaman yang membukakan mata mengenai kopi dan proses panjangnya.

Berikut salinan artikel tersebut yang terbit untuk Jurnal Trade Expo Indonesia 2014: Towards Green Business, Edisi No. 3, Jumat, 10 Oktober 2014 : 


Rayakan Kerja Keras Petani Indonesia

Kementerian Perdagangan telah menetapkan produk kopi sebagai salah satu produk prospektif yang terus dikembangkan menjadi produk yang bernilai tambah, mengingat Indonesia adalah salah satu penghasil kopi terbesar di dunia.

Pada perhelatan Trade Expo 2014, Asosiasi Kopi Spesial Indonesia (Specialty Coffee Association if Indonesia/SCAI) turut serta mempromosikan produk kopi Indonesia kepada buyer internasional melalui serangkaian acara yang bertemakan Indonesia Specialty Coffee Auction dan Coffee Events. Pada kesempatan tersebut, SCAI menampilkan 30 jenis kopi spesial Indonesia dan karya seni lukis yang menggambarkan kopi Indonesia melalui Coffee Exhibition dan Brew Bar, sehingga sambil menikmati lukisan bertema kopi, pengunjung juga dapat menyaksikan proses penyeduhan langsung di Brew Bar oleh barista-barista berprestasi. 

Selain menampilkan produk kopi terbaik dari seluruh penjuru Indonesia, pada Kamis, 9 Oktober 2014 (9/10/2014) di Hall C JIExpo, SCAI juga mengadakan serangkaian acara lainnya seperti talkshow, Roasting Crash Course serta Meet and Greet Farmer and Roaster

Acara talkshow yang mengundang Rocky Rhodes, konsultan dan pelatih kopi dari International Coffee Consulting, dan Peni Agustianto dari Vredeseilanden Country Office (VECO) Indonesia tersebut dipenuhi oleh petani kopi Indonesia, buyer lokal sampai buyer internasional. Kegiatan talkshow ini mengajak para petani kopi Indonesia untuk menjaga kualitas kopi skala besar agar tidak mengecewakan para pemesan kopi (buyer). 

Sementara itu, pada acara Roasting Crash Course, para peserta diajari teori dan praktek roasting oleh Rocky Rhodes dan Roaster Guild Indonesia, yaitu dengan dengan menggunakan mesin roasting dengan memperhatikan temperatur dan waktu agar mendapatkan biji kopi yang baik. 

Acara Meet and Greet Farmer and Roaster diadakan untuk mempertemukan petani dengan roaster serta petani dengan buyer dari berbagai negara. Hadir pada acara itu para buyer dari berbagai negara seperti: Korea, Jepang, Taiwan Amerika, Selandia Baru dan negara-negara Timur Tengah. Sekitar 40 petani kopi dari Aceh hingga Papua didatangkan langsung untuk mempromosikan kopi khasnya masing-masing. Melalui acara ini diharapkan para petani dapat memproduksi produk kopi yang berkualitas dan para roaster dapat menghasilkan roasted-coffee yang memiliki cita rasa khas yang dapat dinikmati. 

Serangkaian acara ini merupakan sebuah perayaan terhadap kerja keras para petani kopi Indonesia. Tidak hanya hari ini, sejak Rabu (8/10/2014) hingga Minggu (12/10/2014) akan diisi acara-acara yang menginspirasi para produsen dan penikmat kopi Indonesia.  (MAW/FSR). 

No comments:

Post a Comment