Pages

#KembaraKopi #3: Makassar

Setelah Jawa, Sumatera dan kini #KembaraKopi menjelajahi  Sulawesi. Kota Makassar menjadi titik pengembaraan kali ini. Kota yang dulunya terkenal dengan sebutan Ujung Pandang menyimpan beragam kedai kopi yang patut disinggahi.

Capitan Coffee: Roastery and Coffee Shop (@capitancoffee)

Capitan Coffee
Gerimis mengguyur ibukota Sulawesi Selatan sepanjang hari di penghujung Januari. Capitan Coffee menjadi pilihan pertama untuk menikmati segelas kopi hangat. Beragam menu minuman dan makanan ringan tersedia dengan harga terjangkau. Kedai kopi yang buka sejak akhir 2015 ini memiliki mesin sangrai kopi sendiri sehingga bebas menentukan roasting profile biji kopi. Terletak di Jalan Bandang No. 247, Makassar dan buka jam 09.00 pagi hingga 00.00 malam.

Kopiapi Coffee Roaster (@kopiapicoffeemks)

Kopiapi Coffee Roaster
Memasuki kawasan ruko Pasar Segar. Panakukkang, berderet café dan gerai kopi yang cukup menggoda untuk disinggahi. Meski banyak kedai kopi berjejer, Kopiapi Coffee Roaster tetap menjadi tujuan utama. Rumah sangrai Kopiapi berdiri sejak tahun 2008 hingga saat ini, hampir satu dekade usianya. Sulit mendapatkan tempat duduk di kedai kopi ini karena terlampau ramai pengunjung. Beragam jenis kopi dari berbagai daerah di nusantara, khususnya Sulawesi, tersedia di sini. Kopiapi memberikan banyak pilihan menu kopi seperti espresso based, coffee condensed, iced coffee, slow brew, cold drip, blend dan signature drink; ditambah dengan beraneka makanan ringan sebagai teman minum kopi. Jika bingung ingin memesan yang mana, Anda bisa bertanya langsung ke barista Kopiapi yang terkenal dengan keramahannya.

Belanja kebutuhan kopi kamu, baik untuk filter coffee maupun espresso, di Tokopedia Kopiapi Coffee Roaster. 

Kopi Ujung (@kopiujung)
Kopi Ujung
Berkunjung ke Makassar, tidak lengkap rasanya jika tidak menghampiri Kopi Ujung. Toko kopi legendaris ini mulai menyeduh sejak 1930 di dalam Toko Ujung, sebuah toko oleh-oleh Makassar di Jalan Somba Opu 36.   Tidak hanya menyediakan makanan khas, suvenir dan beragam oleh-oleh lainnya khas Makassar, Toko Ujung dan Kopi Ujung juga menyediakan berbagai perlengkapan untuk menyeduh kopi seperti grinder, milk jug, kettle, hingga aneka alat seduh manual. Roasted beans Kopi Ujung dapat menjadi oleh-oleh bagi kerabat penikmat kopi seperti kombinasi kopi Toraja dan Malabar yang dinamakan Rangga dan Cinta blend: #AADC2 #SeaScreenLAB. Kualitas roasted beans dari Kopi Ujung tidak perlu diragukan lagi karena disangrai langsung oleh John Chendra, seorang ahli kopi bersertifikat Q Grader untuk kopi arabika  sekaligus R Grader untuk kopi robustaSedikit bocoran, Kopi Ujung menjadi salah satu lokasi syuting sekuel Filosofi Kopi lho.

Dapatkan roasted beans untuk filter coffee maupun espresso, robusta atau arabika, hanya di Tokopedia Kopi Ujung

Masih punya kedai kopi yang wajib dikunjungi di Makassar? Jangan ragu untuk kirim rekomendasi di kolom komentar ya!  

1 comment: