Pages

Pertandingan Barista Segera Dimulai


Pesta kompetisi barista skala nasional yang paling ditunggu-tunggu sebentar lagi dimulai. Mengusung tema Coffee for Unity dengan tujuan merekatkan hulu hingga hilir industri kopi nusantara. Rangkaian kompetisi ini akan berlangsung sejak Januari hingga Juli 2018 di tiga kota besar Indonesia, yaitu Jakarta, Surabaya, dan Bali.

Ajang unjuk kebolehan peramu kopi ini terdiri dari Indonesia Barista Championship (IBC), Indonesia Latte Art Championship (ILAC), Indonesia Cup Tasters Championship (ICTC), dan kompetisi yang paling muda Indonesia Brewers Championship (IBrC). Setiap kompetisi memiliki ketentuan yang menguji kemampuan dan pengetahuan kopi para barista seperti:

1) IBC: peserta menyiapkan espresso, milk beverage, dan signature drink dalam waktu 15 menit sambil menjelaskan tiap minuman yang sedang dibuatnya;

2) ILAC: peserta akan menggambar permukaan kopi dengan satu pola, dua free-pour latte, dan dua designer's latte;

3) ICTC: peserta mencicipi delapan set cangkir kopi untuk menemukan kopi yang berbeda di setiap set-nya dalam waktu delapan menit. Setiap set terdiri dari tiga cangkir kopi.

4) IBrC: peserta menyeduh kopi menggunakan teknik manual brew atau seduh manual sebanyak tiga cangkir dengan rasa yang konsisten sambil menjelaskan teknik dan biji kopi yang digunakan.

Tahun ini menjadi ajang ketujuh diadakannya kompetisi peracik kopi. Kopitala sempat meliput dua ajang terakhir yang diadakan di penghujung 2015 dan awal tahun 2017. Catatan menarik di tahun ini untuk IBC dan IBrC pada tahap eliminasi barat dan timur adalah keduanya wajib menggunakan kopi asli Indonesia.

Arena kompetisi terbagi menjadi Western Championship (Sumatera, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Kalimantan) yang akan diadakan 1-4 Februari 2018 di PIK Avenue Mall Jakarta dan Eastern Championship (Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi, dan Papua) yang diadakan 19-21 Januari 2018 di Pakuwon Mall Surabaya. Tahap berikutnya, finalis IBC dari Western dan Eastern Championship akan bertanding pada 1-3 Maret 2018 di Food, Hotel, and Tourism Bali 2018 yang diselenggarakan oleh Pamerindo Indonesia Trade Event. Sementara itu, untuk finalis ILAC, ICTC, dan IBrC akan diselenggarakan pada 18-20 Juli 2018 di Hotelex Jakarta. Juara IBC akan dikirim ke World Barista Championship 2018 pada 19-21 Juni di Amsterdam, Belanda. Juara IBrC dan ICTC melaju ke World Brewers Championship 2018 dan World Cup Tasters 2018 di Dubai; juara ILAC menuju World Latte Art Championship 2018 di Brazil.  


Selain kompetisi, terdapat Coffee Village untuk memanjakan para penikmat kopi. Di desa kopi kaum urban ini terdapat booth dari gerai dan penyangrai kopi, hingga aneka aksesoris bernuansa kopi. Apakah ada tempat untuk petani kopi di desa ini? 

No comments:

Post a Comment