Pages

#KembaraKopi #9: Keliling-Keliling Ngopi Jawa-Bali (Yogyakarta, Surabaya, Madura, Malang, dan Bali)

Pantai Jimbaran, Bali

Lagi-lagi berkesempatan untuk menyinggahi beberapa kota di Pulau Jawa dan Bali. Walau kunjungan singkat, harus tetap disempatkan mampir ke kedai-kedai kopi. Ada yang baru buka, ada yang sudah pernah dikunjungi tetapi ternyata sudah pindah tempat, hingga yang dulu sempat terlewati, kini kopinya dapat dicicipi. Berikut ulasan kedai kopi di Yogyakarta, Surabaya, Madura, Malang, dan Bali. 

Lars Coffee Brewer (@larscoffeebrewer) x Rahayu Roastery (@rahayuroastery), Yogyakarta

Lars Coffee Brewer, Yogyakarta
Tempat minum kopi ini baru buka pertengahan tahun 2018 dengan konsep yang terbilang minimalis. Ruangan yang memanjang bercat putih bersih berisi bangku panjang tanpa meja, bar dengan mesin espresso, alat-alat seduh manual, hingga mesin sangrai kapasitas 5 kilogram. Sangar!

Bagian dalam Lars Coffee Brewer, Yogyakarta
Lars Coffee Brewer bukan roastery tetapi berkolaborasi dengan Rahayu Roastery yang sudah beroperasi sejak tiga tahun yang lalu. Keduanya mufakat untuk berada dalam satu lokasi dan saling mendukung. Biji kopi yang dijual di Lars Coffee Brewer disuplai oleh Rahayu Roastery. Di rumah kolaborasi ini sering diadakan diskusi dengan narasumber-narasumber yang ahli di industri kopi.


Main ke Lars Coffee Brewer bisa melihat proses sangrai kopinya Rahayu Roastery
Hari & jam buka: Setiap hari, 08.00-24.00 WIB
Alamat: Jalan Puluhdadi 365, RT.5/RW.2, Ngropoh, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Rindu kopi (@rindukopi) x Juma Rani (@jumarani.cr), Surabaya  

Kopi dan ubi di Rindu Kopi, Surabaya
Kopi dan donat belakangan menjadi pasangan minuman dan kudapan yang sedang tren di kedai-kedai kopi. Kopi dan ubi di sini masih bertahan dan menjadi ciri khas. Rindu Kopi mempertahankan ubi menjadi pendamping menyeruput kopi.

Rindu Kopi, Surabaya
Menempati rumah baru di Jalan Manyar Rejo I No. 38, Surabaya, kini Rindu Kopi bekerja sama dengan Juma Rani perihal suplai dan sangrai kopi. Area baru terasa lebih nyaman untuk para pelanggan dan lahan parkir yang lebih lapang. Hanya kehangatan kedai kopi yang tidak berubah dan membuat siapapun ketagihan untuk datang lagi.

Hari & jam buka: Jumat – Rabu, jam 15.00-23.55 WIB
Alamat: Jl. Manyar Rejo I No.38, Menur Pumpungan, Sukolilo, Kota SBY, Jawa Timur 60118

Bharung Coffee (@bcoffeebangkalan), Madura

Bharung Coffee, Madura 
Pengalaman pertama ngopi di Madura! Bharung Coffee terletak di arteri Bangkalan, Madura yang sangat mudah ditemukan dengan logo huruf B besar di pinggir jalan dan lampu-lampu hias yang berpendar kekuningan menerangi malam. Terdapat bangku dan meja-meja kayu di halaman kedai yang luas tanpa atap. Sementara, bar terdapat di bagian agak belakang dengan bangunan sederhana yang terbuka bagian depan dan belakang.

Bagian depan Bharung Coffee, Madura
Dengan tagline “Tongkrongan Kopi Nusantara”, Bharung Coffee menyajikan ragam kopi robusta dan arabika dari berbagai daerah di Indonesia yang diseduh baik dengan tubruk maupun dengan bantuan alat-alat seduh seperti V60, French Press, AeroPress, dan Vietnam drip. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, mulai dari Rp 5.000 untuk tubruk robusta, Rp 8.000 untuk tubruk arabika, dan seduhan dengan metode manual brew dibanderol di harga Rp 10.000. Tersedia juga minuman bukan kopi seperti teh, cokelat hingga susu jahe; dan berbagai cemilan yang dapat dipesan untuk meredam rasa lapar.

Hari & jam buka: Setiap hari, jam 16.00-00.00 WIB
Alamat: Jalan Soekarno Hatta, Bangkalan, Madura.

Handlebar (@handlebar.id), Malang

Handlebar Coffee, Malang 
Lokasi kedai kopi Handlebar ini terletak di pojok jalan sebuah perumahan. Otomatis jauh dari riuh polusi udara dan suara jalanan. Suasana tenang pun tercipta untuk menikmati secangkir kopi hangat di sini.

Nama Handlebar atau setang kemudi sepeda diambil dari hobi bersepeda Benny Purnomo, salah satu pemilik kedai.  Tagar yang digunakan di kanal Instagram @handlebar.id juga unik, yaitu #ngopidikostputri. Tagar ini dipakai karena lokasi Handlebar ini memang di sebuah kompleks kos-kosan putri yang bagian bawahnya disewakan untuk usaha.

Bagian dalam Handlebar Coffee, Malang
Kedai yang buka April 2018 ini menyediakan beragam menu kopi, dari tubruk, filter sampai yang diolah dengan mesin espresso. Harga yang ditawarkan mulai Rp 7.000 – Rp 30.000, baik untuk minuman hingga makanannya. Interior yang didominasi warna putih dengan mural bernuansa perkotaan tempo dulu, sepeda dan berbagai perlengkapannya serta menu-menu kopi sebagai latar tempat menyeduh kopi. Tempat yang luas dan interior yang minimalis membuat Handlebar menjadi ruang minum kopi yang nyaman dan menenangkan.   

Hari & jam buka: Setiap hari, jam 11.00-23.00 WIB (kecuali Jumat, buka jam 13.00)
Alamat: Jl. Rembuk Sari No.50, Mojolangu, Lowokwaru, Malang, Jawa Timur, 65141

Amstirdam Coffee & Roastery (@AmstirdamCoffee)

Amstirdam Coffee & Roastery, Malang 
Sekitar tahun 2017 ke Malang namun sayangnya belum sempat ke Amstirdam. Sungguh sebuah penyesalan. September lalu, tidak lagi menyia-nyiakan kesempatan untuk melewatkan kedai kopi yang satu ini.

Menjelang siang di Malang, yang saat itu masih terasa amat sejuk, bergegas menuju Amstirdam Coffee & Roastery yang berlokasi di sudut ruko Soekarno Hatta Indah. Posisi gerai dan tempat sangrai kopi ini tersembunyi di pojokan yang seolah menghindari hingar bingar jalan raya agar prosesi minum kopi terasa lebih khidmat.

Bagian dalam Amstirdam Coffee & Roastery
Diawali sejak tahun 2011 oleh Sivaraja dan Franky dengan membuka usaha kopi luwak. Nama Amstirdam sekilas terdengar seperti sebuah kota di Belanda, Amsterdam. Bagi yang belum kenal mungkin akan menyangka kedai kopi ini ada hubungannya dengan ibukota negeri kincir angin. Realitanya, Amstirdam merupakan singkatan dari empat kecamatan penghasil kopi di Malang yang menjadi andalan Sivaraja dan Franky memproduksi kopi. Keempat kecamatan itu adalah Ampel Gading, Sumber Manjing Wetan, Tirtoyudo, dan Dampit yang kemudian disingkat menjadi Amstirdam.

Amstirdam Coffee & Roastery saat itu ramai sekali. Hampir semua kursi dan meja penuh pelanggan. Tersisa satu dua kursi di dekat bar yang bernuansa industrial. Tampak belasan pilihan kopi yang didominasi oleh kopi arabika dan sebagian kecil robusta. Cukup kaget saat melihat menu di mana harga kopi tubruk Rp 5.000; kopi filter, espresso based (espresso, cappuccino, picollo), kopi susu, Vietnam drip di harga Rp 10.000 saja; sementara cokelat panas dan minuman dingin lainnya di harga Rp 15.000. Harga terjangkau untuk menikmati secangkir kopi yang nyaman di lidah membuat toko kopi ini selalu dibanjiri pelanggan.   

Hari & jam buka: Senin-Sabtu, jam 09.00-22.00 WIB
Alamat: Ruko Soekarno Hatta Indah No. D18, Jl. Ruko Soekarno Hatta Indah, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65142

Made in Ubud (@madeinubud)

Made in Ubud, Bali 
Made in Ubud terletak di Jimbaran. Bingung? Sejak Juni 2016 hingga penghujung 2018, Made in Ubud benar-benar berlokasi di kawasan dataran tinggi Ubud. Akan tetapi, di awal 2018 memutuskan untuk pindah ke selatan di mana matahari lebih terasa menyengat kulit.


Kini, Made in Ubud menempati sebuah ruangan mungil dengan dinding-dinding kayu-kayu usang, sebagian berbatu bata tanpa plester, dan pernak-pernik tua yang membuat kesan vintage. Terdapat rak berisi paper cup dari kedai-kedai kopi di berbagai daerah. Sewaktu datang ke sini, mencicipi kopi filter Bali Kintamani yang dibanderol harga Rp 15.000 dan disajikan dengan cookies manis nan renyah. Selain menjual kopi seduh, Made in Ubud juga menyediakan roasted beans untuk para penikmat kopi baik dalam bentuk biji maupun bubuk.

Hari & jam buka: Setiap hari, jam 09.00-22.00 WIT
Alamat: Perumahan Taman Griya Jl. Danau Batur V No.1, Jimbaran, Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80364

Bates Kopi (@bateskopi)

Bates Kopi, Bali
Kedai kopi ini menempati kios di sebuah food court di Jalan Raya Uluwatu No. 123, Jimbaran, Bali. Menjadi kedai kopi andalan anak-anak muda sekitar yang menempuh pendidikan di Universitas Udayana cabang Jimbaran.

Tidak hanya menawarkan menu kopi tetapi menu makanan juga melimpah. Untuk minuman, kategorinya terdiri dari coffee, latte, frappe, dan tea. Sementara, menu makanan terdiri dari steak, rice bowl, pasta, snacks, roti bakar, pancong, dan surabi. Bates Kopi buka jam 18.00 hingga 03.00 dini hari.

Hari & jam buka: Setiap hari, jam 18.00-03.00 WIT
Alamat: Jalan Raya Uluwatu No. 123, Jimbaran, Bali

Kawan-kawan sudah pernah coba yang mana? Share ya di kolom komentar!
Jangan lupa follow Instagram kami di @kopitala.

2 comments:

  1. Asyiiik, dapat referensi tempat ngopi lagi. Terima kasih sudah berbagi, mbak

    ReplyDelete
  2. Wah, informasi yang menarik nih. Dapat referensi tempat ngopi yang keren, hehe

    ReplyDelete