Pages

#KembaraKopi #8: Bali (Bagian II)


Sebelumnya, telah dibahas beberapa coffeeshop fancy bin Instagrammable di KembaraKopi Bali Bagian (I). Edisi khusus buat yang mau ngopi-ngopi cantik di Bali. Di bagian kedua kali ini, ada yang berbeda. Akan dibahas beberapa kedai kopi yang sederhana dengan kehangatan yang luar biasa. Harga yang ditawarkan bahkan terbilang bersahabat. Penasaran kedai kopi apa saja yang mungkin kamu lewati saat berkunjung ke Bali?

Jenar Kopi (@jenarkopi)

Jenar Kopi
Buat yang suka ngopi, ngerokok, sambil ngobrol ngalor ngidul, Jenar Kopi bisa jadi pilihan saat berkunjung di Bali. Kopi gerobakan yang buka sejak Juni 2017 biasanya mulai buka jam 20.00 dengan gerobak merah menyala di Jalan Tukad Barito No. 1C, Panjer, Denpasar. Ada bangku-bangku kayu dan kursi plastik untuk menyambut para pelanggan.

Bagian dalam gerobak Jenar Kopi
Gerobak kopi merah ini memiliki bentuk yang terbilang mungil. Biar mungil, gerobak Jenar Kopi ringkas dan lengkap. Setiap sisi gerobak dimanfaatkan semaksimal mungkin. Dinding gerobak menjadi tempat meletakkan kopi-kopi pilihan dan alat seduh. Sementara, meja bar yang minimalis terdapat grinder, kompor, dan yang cukup mengejutkan, ada dishwasher kecil untuk mencuci gelas.  Desain dan efisiensi gerobak Jenar Kopi ini patut diacungi jempol.

Manual brewing di Jenar Kopi 
Kedai kopi dengan tagline #PelanTapiNgopi ini terkenal dengan pilihan single origin yang beragam. Dari biji kopi lokal sampai premium internasional seperti Geisha. Harga kopi pun bervariasi, berkisar Rp 8.000 – Rp 88.000 dengan aneka metode seduh manual yang diinginkan.

Madilog Coffee House (@madilogcoffeehouse)

Madilog Coffee House, Bali
Buat yang mau ngobrol serius tentang kondisi ekonomi, sosial, politik sepertinya cocok datang ke Madilog Coffee House. Madilog yang merupakan singkatan dari materialisme, dialektika, dan logika menjadi inspirasi Arief Algi sang pemilik kedai. Nama Madilog diambil dari karya tokoh bangsa yang kerap terlupakan jasanya, yaitu Tan Malaka.  

Dinding Madilog Coffee House
Memodifikasi rumah menjadi kedai kopi menjadikan Madilog terasa homey. Seperti bertandang ke rumah seorang kawan. Ada bangku-bangku kayu hingga meja kecil dan karpet untuk lesehan. Dinding-dinding bagian dalam dipajang gambar-gambar tokoh aktivis seperti Munir Said, Marsinah, Chairil Anwar, dan Pramoedya Ananta Toer. Sementara, dinding luar terbuat dari bambu, disematkan kutipan dari tokoh-tokoh, dan tampak tanaman hias yang membuat suasana terasa asri.

Manual brew coffee di Madilog Coffee House
Madilog menyediakan ragam kopi nusantara yang diseduh dengan pilihan alat seperti V60, AeroPress, Kalita, dan Clever Dripper. Tersedia makanan ringan seperti cireng sampai french fries; bacaan berupa buku dan zine sebagai teman minum kopi. Kedai kopi ini menjadi wadah geliat anak muda Bali melalui berbagai acara yang diadakan seperti workshop, stand up comedy, pertunjukkan musik, pemutaran dan diskusi film. Kedai yang Kopitala sambangi waktu itu terletak di Jalan Raya Kuta, Gang Mawar No. 9-9T, Kuta. Kini, kabarnya pindah ke tempat yang baru di Perumahan Nuansa Selatan 8, No. 1, Jimbaran. Jika ingin bertandang, cek langsung Instagram @madilogcoffeehouse untuk informasi lebih lanjut. 

Infinity Coffee (@infinitycoffeebali)

Infinity Coffee, Sanur, Bali
Kurang lengkap rasanya ke Bali tapi nggak ke pantai. Lengkapi pengalaman ke Bali dengan singgah ke pantai untuk menyeruput secangkir kopi hangat. Pengalaman seperti ini dapat kita jumpai di Infinity Coffee Bali.

Seduh manual dengan V60
Infinity Coffee Bali terletak di pesisir pantai matahari terbit. Tepatnya berlokasi di Sanur Beach Street Walk, Denpasar. Kedai kopi ini beroperasi sejak cahaya mulai menyinari jam 06.00 hingga ia undur diri di jam 18.00. Kios kopi dibangun dari peti kemas bekas yang diubah sedemikian rupa menjadi bar dan dapur. Tempat untuk pelanggan beratap tenda dengan meja dan kursi kayu sederhana. Akan tetapi, bebatuan di tepi pantai lebih diminati untuk duduk bersantai minum kopi sembari menikmati sepoi angin dan teduhnya laut.

Menikmati kopi di pesisir Pantai Sanur
Kedai kopi yang buka mulai Maret 2016 ini tidak hanya menawarkan kopi. Tersedia minuman manis berupa teh, varian minuman berbahan dasar susu, hingga penganan berupa kentang, roti bakar, serta sandwich. Harga yang terjangkau membuat warung kopi ini ramai pengunjung, baik pelanggan tetap maupun turis mancanegara yang kebetulan lewat. Suasana pantai yang menyejukkan, pelayanan yang ramah, dan seduhan kopi yang nyaman di lidah membuat kedai kopi ini sayang untuk dilewatkan.

Pantai Sanur, Bali
Punya rekomendasi kedai kopi lainnya yang wajib dikunjungi? Share di kolom komentar ya!

No comments:

Post a Comment