Pages

#KembaraKopi #10: Kalimantan (Bagian 1) – Pontianak & Samarinda


Tugu Khatulistiwa di Pontianak
Menyambangi salah satu pulau terbesar di negeri ini. Pulau yang sejak dulu terkenal sebagai paru-paru dunia karena rimbun hutan yang memproduksi oksigen. Meski kini, hutan lebat itu kian lama kian terkikis alih lahan produksi sawit hingga penambangan. Pulau yang salah satu kotanya digadang-gadang menjadi alternatif pengganti ibukota. Kopitala berkesempatan untuk menjelajahi kota-kota besar di setiap provinsi di Kalimantan bagian utara, timur, barat, selatan hingga bagian tengah. Berikut kedai-kedai kopi yang berhasil disinggahi di Pontianak dan Samarinda. 

Kalimantan Barat - Pontianak

Warung Kopi Asiang (@wk.asiang)

Kota pertama yang menjadi titik awal mengelilingi kedai kopi yang ada di Kalimantan ini adalah Pontianak. Sayang sepertinya melewatkan kesempatan untuk menikmati kopi yang melegenda dan ramai diperbincangkan. Orang nomor satu negeri ini, Presiden Jokowi, bahkan sempat singgah untuk mencicipi nikmatnya racikan kopi di sini.

Koh Asiang meracik kopi andalannya
Terkenal dengan sebutan “kopi telanjang” atau “kopi keringat” membuat Warung Kopi Asiang menjadi unik dan mudah diingat siapa saja. Sebutan ini muncul karena peracik kopi sekaligus pemilik kopi, Koh Asiang, menyeduh kopi untuk para pelanggan dengan bertelanjang dada dan bercucuran keringat.

Warung kopi yang buka sejak tahun 1958 ini kabarnya berawal dari kaki lima hingga kini menetap di bangunan permanen berupa ruko di Jalan Merapi No. 191-193, Banua Melayu Darat. Usaha menjual kopi yang diracik dengan cara disaring dan ditarik ini merupakan warisan dari ayah Koh Asiang. Metode tersebut konon berasal dari orang-orang Hainan.

Kopi susu Asiang
Warung kopi ini menyediakan seduhan kopi robusta yang berasal asli dari Kalimantan, tepatnya dari daerah Kubu Raya, Panggur, dan Padang Tikar. Untuk kopi hitam panas dibanderol dengan harga Rp 6.000, kopi susu panas Rp 9.000, dan kopi susu dingin Rp 11.000. Selain kopi, terdapat teh tarik, kue-kue tradisional, dan bubur ayam dengan telur setengah matang.  

Warung Kopi Asiang buka sejak subuh hingga sore hari, yaitu pukul 03.30-17.00 WIB. Apabila ingin bertemu dengan Koh Asiang, usahakan datang antara subuh sampai siang hari yang menjadi waktu beliau melayani pelanggan. Selepas siang, pria bernama asli Thio Tiam Siang ini kembali ke rumahnya.

Jika ingin menjadikan kopi ini untuk oleh-oleh sanak saudara, tersedia kopi bubuk dalam kemasan berbagai ukuran yang bisa dibawa pulang.

Hari & jam buka: Setiap hari, 03.30 – 17.00 WIB
Alamat: Jalan Merapi No. 191-193, Banua Melayu Darat, Pontianak


Segitiga Coffee & Roastery (@segitigacoffee)

Segitiga Coffee & Roastery juga patut dikunjungi saat sedang berada di Pontianak. Merupakan salah satu kedai kopi kebanggaan Kalimantan dan Indonesia. Dimas Juliannur Fajar, pemilik Segitiga Coffee & Roastery, menjadi wakil Indonesia di kompetisi kopi internasional. Dimas berlomba untuk World Cup Tasters Championship yang berlangsung di Budapest, Hungaria pada 13-15 Juni 2017. Pada kompetisi tersebut, ia membawa Indonesia ke peringkat 13 dunia kategori cup tasters.

Bagian depan Segitiga Coffee & Roastery, Pontianak
Tempat minum kopi yang berlokasi di Jalan Karya Baru (Tembusan Purnama-Perdana), Pontianak, ini menempati ruko dua lantai. Buka setiap hari dari pukul 10.30-23.00 WIB. Menawarkan konsep industrial yang kuat dengan nuansa interior berwarna hitam. Di lantai pertama terdiri dari bar, sofa, dan juga tampak mesin untuk menyangrai kopi.

Bar Segitiga Coffee & Roastery, Pontianak
Mencicipi kopi Gayo Wih Nongkal yang diseduh secara manual menggunakan alat V60. Dalam botol toples tersebut dan di kemasan roasted beans Segitiga Coffee & Roastery tertulis “Good Coffee Speak Itself". Kopi susu juga tersedia di sini lengkap dengan tagline di kemasan plastiknya “Kopi Kamek, Kopi Indonesia”. Kamek sendiri memiliki arti saya/kami/kita dan slogan yang tertera mencoba mengajak kita semua bercerita tentang potensi, kekayaan, dan keberagaman kopi Indonesia.

Hari & jam buka: Setiap hari, 10.30 – 23.00 WIB
Alamat: Jalan Karya Baru (Tembusan Purnama-Perdana), Pontianak


Kalimantan Timur - Samarinda

Kopi Kumana (@kopikumana)

Kopi Kumana, Samarinda 
Memasuki Kopi Kumana, bagian luar bercat hitam sementara bagian dalamnya bernuansa minimalis dengan cat putih. Berjejer meja dengan bangku-bangku kayu tanpa sandaran. Ketersediaan colokkan juga bisa dibilang memadai. Bar yang memanjang terdiri dari mesin espresso, mesin penggiling kopi, etalase kaca yang berisi penganan dan kopi susu dalam kemasan. Terdapat mesin sangrai di pojok ruangan yang dikelilingi kaca. Ada beberapa buku di rak yang bisa dibaca pengunjung.

Japanese ice coffee
Panasnya kota Samarinda, membuat ingin memesan kopi yang menyegarkan. Pilihan jatuh pada Japanese Ice Coffee dengan kopi arabika orange bourbon dari Megasari dengan proses pascapanen natural. Berbeda dengan kedai kopi yang memajang pilihan single origin, Kopi Kumana malah menyimpan single origin andalannya di dalam laci. Jika ada pelanggan yang memesan, kopi-kopi tersebut baru dikeluarkan dari persembunyiannya.  

Sewaktu mengunjungi kedai ini, lokasinya terletak di Jalan Pangeran Hidayatullah No. 62, Samarinda. Kabarnya Kopi Kumana akan tutup per tanggal 25 Mei 2019 hingga waktu yang belum diketahui. Semoga segera buka lagi, ya!

Berikut keterangan dari Instagram feed @kopikumana tanggal 10 Mei 2019:
Hi coffee folks, this month will be our last month for making coffee for everybody. But, we will back soon. Thank you for everything. Especially for our beloved customer that has become our family for four years. We will open our door on May 25th for the last time. Hope you enjoy our coffee, hospitality and everything you named it. BEST REGARDS, Your Barista!"


Kedai Kopi Nusantara (@kedaikonus)

Apabila ingin merasakan kopi dari berbagai daerah di Indonesia, Kedai Kopi Nusantara (Konus) memiliki banyak varian arabika. Terdapat belasan varian yang dapat dicicipi dari Sumatera, Jawa, Bali, Flores hingga Sulawesi. Harga yang ditawarkan juga terbilang terjangkau. Untuk minuman mulai dari Rp 5.000 - Rp30.000 dan untuk makanan dari harga Rp10.000 - Rp16.000.

Kedai Kopi Nusantara, Samarinda
Di bagian buku menu, Konus memaparkan bagaimana teknik menyeduh kopi berdasarkan menu dan alat-alat yang dipakai seperti tubruk, espresso, AeroPress, V60, Kalita, Syphon, FrenchPress, dan Vietnam drip. Keterangan teknis menyeduh terdiri dari berat kopi, volume air, ukuran gilingan kopi, durasi seduh, dan suhu air yang digunakan.

Beragam pilihan metode seduh dan kopi di Konus
Konus buka sejak 2015 kemudian pada 2017 mulai secara mandiri menyangrai untuk kebutuhan kedainya. Tempat minum kopi ini selalu ramai pengunjung yang sebagian besar sibuk bermain game online meskipun tidak tersedia jaringan internet gratis di sini. Konus juga menjadi salah satu pilihan anak muda untuk nongkrong hingga larut malam. 

Hari & jam buka: Setiap hari, 16.00 – 02.00 WITA
Alamat: Jalan Juanda No. 25, Samarinda


Sgara Coffee (@sgara.coffee)

Sgara Coffee, Samarinda
Rumah yang dijadikan kedai kopi selalu memberikan nuansa yang nyaman. Apalagi dengan ruangan yang luas ditambah dengan pelayanan yang ramah dan seduhan kopi yang nikmat. Sgara Coffee menjadi tempat minum kopi yang wajib untuk dikunjungi saat sedang berada di  Samarinda.


Toko kopi yang buka sejak Januari 2018 ini menyediakan pilihan kopi filter yang juga bervariasi. Terdiri dari kopi-kopi lokal, impor, sampai yang jarang tersedia di kedai kopi lainnya yang berasal dari Panama, yaitu kopi Geisha.

Rumah minum kopi dengan slogan “Have A Brew-tiful Day” ini dipersenjantai dengan perangkat yang mumpuni. Terdiri dari mesin espresso Rocket Boxer single group serta grinder Anfim Caimano dan Mazzer Super Jolly. Untuk kopi filter, kopi digiling dengan Mahlkonig EK43 dan diracik dengan berbagai alat seduh seperti V60, Timemore, Kalita, AeroPress, dan Chemex.


Peramu kopi Sgara Coffee juga kerap menjadi langganan juara kompetisi kopi tingkat regional. Jarvis menjadi salah satu dari tiga perwakilan Kalimantan yang turut melenggang ke kompetisi tingkat nasional AeroPress tahun 2018. Berhasil masuk menjadi 27 besar dari seluruh peserta se-Indonesia.

Nama Sgara diambil dari kata segara dari Bahasa Jawa yang artinya samudra atau lautan. Sgara Coffee ingin seperti samudera yang menjadi tempat untuk semua orang; sama seperti kopi yang bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Hari & jam buka: Setiap hari, jam 11.00-23.00 WITA
Alamat: Jalan Wijaya Kusuma No. 1, Samarinda

Apakah kamu punya kedai favorit lainnya di Pontianak dan Samarinda? Share ya di kolom komentar! 

Nantikan ulasan kedai kopi lainnya di kota Palangka Raya, Tarakan, dan Banjarmasin. Info lebih lanjut follow Instagram kami @kopitala.  

2 comments:

  1. Kopi asiang yang terkenal itu punya jasa tersendiri buat saya. Kedai kopinya jadi tempat saya bersembunyi saat pawai cap go meh karena gak kuat ngeliatnya.. hahahaha

    ReplyDelete
  2. Meskipun bukan pencinta kopi tapi melihat kedai kopi sepert ini jadi kayak nostalgia masa kuliah yang suka nongkrong di kedai kopi dan pesannya teh

    ReplyDelete