Pages

Portfolio sebagai Content Writer di CATUR Coffee Company

Bekerja dengan barista juara dunia adalah impian banyak coffee enthusiast. Sejak April 2022, saya mendapat kesempatan menjadi Media Producer di perusahaan besutan Mikael Jasin (MJ), barista Indonesia yang berhasil meraih peringkat 4 dunia di ajang World Barista Championship, yaitu di CATUR Coffee Company. Selain bertanggung jawab atas kebutuhan visual di CATUR Coffee Company, saya juga merangkap menjadi penulis konten media sosial. Tanggung jawab ini juga saya jalankan di So So Good Coffee Company, perusahaan MJ yang bergerak di bidang jasa konsultasi, pendidikan, dan media terkait kopi. 

Berikut content writing untuk media sosial Instagram dan LinkedIn yang disajikan dengan gaya naratif atau bercerita. Cara penulisan seperti ini dipilih karena memberikan sentuhan personal terhadap proses panjang kopi yang diolah dari kebun hingga sampai ke pelanggan. Melalui tulisan naratif, diharapkan dapat memberikan informasi yang menyentuh hati untuk membangun engagement dengan audiens. 

Memperkenalkan kembali CATUR Coffee Company sebagai perusahaan dagang yang menjual kopi beras (green coffee beans), bukan roastery atau coffee shop yang selama ini diasumsikan sebagian audiens. Visual yang dipilih juga merepresentasikan hal tersebut, seperti green coffee beans dalam kemasan, detail biji kopi, proses penelitian dan penyemprotan inokulan, hingga proses pengolahan ceri kopi. 

Narasi Bahasa Indonesia: 
CATUR Coffee Company adalah perusahaan ekspor kopi dengan grade spesialti dan komersial. 
Untuk mendapatkan green beans berkualitas ekspor tersebut, CATUR Coffee Company bersama dengan So So Good Coffee Company (SSG) menjalin kerja sama dengan pengolah kopi lokal yang menggandeng petani kopi di berbagai daerah di Indonesia. Kami menginisiasi sebuah tahap dalam proses pascapanen yang mampu membuat profil rasa kopi konsisten dan sesuai dengan rasa yang ingin dicapai.  
Melalui berbagai tahapan uji coba, akhirnya kami berhasil menemukan formula untuk meraih profil rasa sesuai target tanpa meninggalkan rasa khas dari kopi tersebut. 
Kami memproduksi empat profil rasa dalam CATUR Collection yang terdiri dari Bumi, Senja, Pucuk, dan Kamala. Saat ini, kami telah mengekspor kopi ke berbagai negara seperti Singapura, Korea Selatan, Amerika Serikat, Australia, dan negara-negara di Eropa serta Timur Tengah. 

Narasi Bahasa Inggris:  
CATUR Coffee Company is an exporting company in both Specialty and Commercial Grade coffee. 
To acquire an export quality of green beans, CATUR Coffee Company, together with So So Good Coffee Company (SSG), work together with local coffee processors who engages with the coffee farmers, throughout the many regions of Indonesia. We initiated a step in the post harvest process that creates a consistent coffee profile suitably to the flavor that we wish to achieve.  
Throughout many tests, we finally achieved the right formula to refine the profiles accordingly to the target, without removing the distinct taste of the coffee. 
We produce 4 flavour profiles in CATUR Collection that consists of Bumi, Senja, Pucuk and Kamala. As of today, we have exported coffee to a few countries overseas such as Singapore, South Korea, the United States, Australia and countries in Europe as well as the Middle East.

LinkedIn post 


Narasi Bahasa Indonesia: 
CATUR Coffee Company terus berkembang sejak didirikan 1 Januari 2021. Bermula dengan visi menjadi agen perubahan dalam industri kopi Indonesia dan berperan sebagai saluran untuk kopi Indonesia di kancah global. 
Kami terjun langsung ke berbagai daerah produksi kopi di Indonesia serta bekerja sama dengan prosesor lokal dan petani untuk membagikan teknik proses kopi yang inovatif. Untuk mendukung hal tersebut, kami bekerja sama dengan ahli mikrobiologi untuk memproduksi inokulan fermentasi dengan tujuan memaksimalkan rasa & hasil panen kopi. 
Kami juga membeli kopi dengan harga yang layak & transparan sehingga memberi dampak sosial nyata bagi pelaku industri kopi di hulu. Selain itu, kami sedang berupaya menjadi perusahaan netral karbon melalui pengurangan hampir setengah emisi karbon saat ini, dengan target akhir mengurangi seluruh jejak karbon pada pertengahan 2023. 
Pada awalnya, kami hanya berdelapan, termasuk Mikael Jasin sebagai CEO dan Kenny Ang sebagai COO. Menginjak tahun kedua, kini kami bertumbuh menjadi tujuh belas orang agen perubahan dengan sepuluh divisi. 
Inilah kami, agen perubahan, dari Indonesia untuk dunia.
Narasi Bahasa Inggris:  
CATUR Coffee Company has continued to grow since our establishment on January 1, 2021. We started with a vision to become an agent of change in the Indonesian coffee industry and act as a channel for the Indonesian coffee, globally.  
We go directly to coffee-producing areas across Indonesia, working alongside local processors and farmers to share innovative coffee processing techniques. To support that, we work with a team of microbiologists to produce fermentation inoculants with the aim of maximizing flavours & yield.  
We purchase coffee at a fair and transparent price, creating a social impact for the coffee industry stakeholders upstream. Moreover, we are moving towards becoming a carbon neutral company, already offsetting almost half of our emission, with the goal of completely offsetting our footprint by mid-2023. 
In the beginning there were only eight of us, including Mikael Jasin as our CEO and Kenny Ang as our COO. Going through our second year now, we have grown to seventeen agents of change with ten divisions. 
Here we are, agents of change, from Indonesia to the world.

LinkedIn post 





Narasi Bahasa Indonesia: 
Kami berkolaborasi dengan prosesor dan petani kopi di Indonesia untuk memproduksi biji kopi yang berkualitas. Biji kopi hasil kolaborasi tersebut kami kategorikan menjadi empat profil rasa yang ada dalam CATUR Collection. Terdiri dari Bumi, Kamala, Pucuk, dan Senja. 
Kami melakukan modifikasi proses pascapanen menggunakan bakteri dan ragi yang telah kami uji coba sehingga setiap kategori kopi memiliki konsistensi dan karakter rasa yang khas. Seperti Bumi yang diolah dengan metode dasar Washed Process, setelah ceri selesai dikupas kemudian disemprot menggunakan inokulan berbasis ragi dan dilakukan fermentasi aerobik dalam tangki terbuka. 
Berbeda dengan Bumi, proses Kamala, Pucuk, dan Senja dilakukan dengan menyemprotkan inokulan langsung ke ceri kopi tanpa proses pulping. Setelah penyemprotan, ceri kopi dimasukkan ke dalam tangki kemudian ditutup agar terjadi fermentasi anaerobik hingga mencapai target pH tertentu untuk setiap kategori profil rasa. Hasil dari inovasi proses pascapanen tersebut melahirkan profil rasa yang dapat dipilih sesuai kebutuhan para pelanggan. 
Bumi memiliki profil rasa klasik seperti cokelat, rempah yang hangat, dan manis kopi khas Indonesia. Selanjutnya, Kamala memiliki cita rasa seperti buah-buahan, minuman fermentasi, dan kakao. Sementara itu, Pucuk menawarkan cita rasa teh yang lembut dengan aroma buah berwarna kuning dan ungu. Terakhir, Senja akan memberikan cita rasa bebuahan yang manis.  
Tertarik untuk mencoba salah satu dari profil rasa ini? Hubungi elin@catur.coffee untuk informasi lebih lanjut. 
Narasi Bahasa Inggris:  
We collaborate with coffee processors and farmers throughout Indonesia to produce quality coffee beans. We categorize these beans into four flavor profiles of the CATUR Collection, Bumi, Pucuk, Senja and Kamala. 
By modifying the post harvest processing using bacteria and yeast that have been tested, we are able to get the results of distinct flavor and consistency for each coffee. Bumi, processed using the basic Washed Process method, are sprayed using yeast-based inoculants after the cherries are peeled and aerobic fermentation is then carried out in an open tank. 
Unlike Bumi, Kamala, Pucuk, and Senja processes are carried out by spraying the inoculant directly onto the coffee cherry without pulping. After spraying, the coffee cherries are then placed into a tank and then closed to allow anaerobic fermentation to occur until it reaches a certain pH target for each flavor profile. The results of the post-harvest process innovation brings in a taste profile that can be selected accordingly to each customer's need. 
Bumi has a classic taste profile such as chocolate, warm spices, like a sweet true Indonesian coffee. Kamala has the flavors of fruits, fermented drinks, and cocoa. Meanwhile, Pucuk offers a soft tea taste with a fruity aroma of yellow and purple. Lastly, Senja will give you a sweet fruity taste. 
Interested in trying one of these flavor profiles? Contact elin@catur.coffee for more information.

LinkedIn post, Instagram post



Narasi Bahasa Indonesia:  
Memperingati Zero Emission Day yang jatuh pada 21 September 2022, CATUR Coffee Company turut berkontribusi dalam mengurangi emisi karbon melalui kerja sama dengan Bumiterra.  
Sebagai permulaan, September ini CATUR telah menjadi perusahaan netral karbon dengan mengurangi sebanyak 82 ton emisi karbon. Angka ini berdasarkan kalkulasi emisi gas rumah kaca yang dihasilkan dari operasional perusahaan, perjalanan, dan proses pascapanen mitra prosesor kopi. Kalkulasi ini dilakukan berdasarkan AA1000 Assurance Standar V3 yang telah diakui dan dipakai perusahaan di berbagai belahan dunia. 
Selanjutnya, untuk mengkonversi karbon kredit yang telah dikalkulasi, CATUR melalui Bumiterra dan Katingan Mentaja Project melakukan penanaman dan perlindungan pohon yang berlokasi di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah.  
Kami juga mengambil langkah berkelanjutan lainnya, seperti menggunakan bahan bakar dan listrik sesuai kebutuhan dan bertanggung jawab, memilih moda transportasi yang lebih minim jejak karbon saat melakukan perjalanan bisnis, memilah sampah, hingga mengirim sampah botol plastik ke sentra pengolahan sampah agar bisa didaur ulang. 
Kami berharap langkah-langkah yang telah kami lakukan dapat berarti bagi keberlanjutan bumi.
Narasi Bahasa Inggris:  
Commemorating Zero Emission Day, September 21 2022, CATUR Coffee Company contributes to reducing carbon emissions through a collaboration with Bumiterra
For starters, this September, CATUR has become a carbon neutral company by reducing as much as 82 tons of carbon emissions. This figure is based on the calculations of the total of greenhouse gas emissions produced from company operations, travel, and post-harvest processing of our partner processors’ coffee. This calculation is based on the AA1000 Assurance Standard V3 which has been recognized and used by companies in various parts of the world. 
Next, to convert calculated carbon credits, CATUR, through #Bumiterra and #KatinganMentajaProject are planting and protecting trees located in the Katingan Regency of Central Kalimantan. 
We are also taking other #sustainable steps, such as using fuel and electricity as needed and responsibly, choosing a lower carbon footprint mode of transportation when traveling, sorting our waste and sending over used plastic bottles to the waste processing center so that it can be #recycled
We hope that through these steps that we have taken, we can contribute for the sustainability of our planet earth.

LinkedIn post, Instagram post 1, Instagram post 2.  



Narasi Bahasa Indonesia:  
CATUR Riserva Worldwide terdiri dari 10 kopi istimewa dari dua perkebunan kopi yang terkenal dengan kopi berkualitas tinggi.  
Perkebunan pertama yang mengolah kopi dengan inokulan asal Indonesia adalan Janson Estate di Panama. Perkebunan yang menanam varietas Green-tip Geisha ini memiliki ketinggian 1.350-1.750 mdpl yang berlokasi di Baru Volcano, Chiriqui. Dari Janson Estate, kami mendapatkan 4 tipe Kamala dan 2 Senja.  
Kopi dengan spektrum rasa Kamala diolah dengan proses pascapanen anaerobik natural untuk Kamala Janson #01 lot 885, Kamala Janson #04 lot 904, dan Kamala Janson #34. Sementara itu, untuk Kamala Janson #04SK diolah dengan pascapanen anaerobik natural dan washed honey hingga menghasilkan cita rasa seperti peach, jasmine, dan earl grey tea. Kopi dengan inokulan Senja diolah melalui proses pascapanen washed honey ini terdiri dari Senja #004 lot 866 dan Senja Janson #03 lot 868.  
Perkebunan kopi yang kedua dikelola oleh Daterra Coffee dengan ketinggian lahan 1.000-1.200 mdpl yang terletak di Cerrado, Brazil. Daterra Coffee mengolah kopi Aramosa yang menghasilkan 4 jenis kopi, yang terdiri dari 2 Kamala dan 2 Senja. Kamala Daterra 01 diolah dengan proses anaerobik natural dan Kamala Daterra #134SK diproses dengan anaerobik natural serta washed honey.  
Sementara itu, untuk tipe Senja keduanya diolah dengan proses washed honey. Senja Daterra #03 akan menghasilkan cita rasa seperti orange, camomile tea, dan white grape. Untuk Senja Daterra #04, cita rasa yang akan muncul berupa mandarin orange, assam tea, dan acacia honey
Rasakan sensasi rasa kopi ternama dunia yang diolah dengan inokulan asal Indonesia melalui pemesanan sample box eksklusif. Setiap jenis kopi terdiri dari 100 gram green beans yang siap disangrai sesuai kebutuhan. Pesan sekarang melalui Elin (+62 812 1851 6168 / elin@catur.coffee).  
Jangan sampai kehabisan! 
Narasi Bahasa Inggris:  
Our CATUR Riserva Worldwide consists of 10 Specialty Coffees from 2 Coffee Farm that are known for their high quality coffee. 
Janson Estate of Panama, is the first farm to process coffee with Indonesian inoculants. Janson Estate grows Green-tip Geishas and has an altitude of 1.350-1.750 MASL, located in Baru Volcano, Chiriqui. From this farm, we get 4 types of Kamala coffees and 2 Senja coffees. 
Using a Natural Anaerobic post-harvest process, the coffees produced with a Kamala flavor spectrum are Kamala Janson #01 lot 885, Kamala Janson #04 lot 904, and Kamala Janson #34. Whilst the coffees with Senja inoculants- Senja #04 lot 866 and Senja Janson #03 lot 868 are processed through a Washed Honey post-harvest process. Meanwhile, Kamala Janson #04SK is processed with both Natural Anaerobic post-harvest and Washed Honey to produce the flavors of peach, jasmine, and earl grey tea. 
Daterra Coffee with an altitude of 1.000-1.200 MASL located in Cerrado, Brazil, is the second farm to process coffee with Indonesian inoculants. Processing the Aramosa, Daterra produced four types of coffee, consisting of 2 Kamala coffees and 2 Senja coffees. Kamala Daterra 01 processed with a Natural Anaerobic process and Kamala Daterra #134SK processed with both Natural Anaerobic and Washed Honey. As for the two Senja coffees, both are processed with a Washed Honey process. You will find the flavors of orange, camomile tea, and white grape in the Senja Daterra #03, and mandarin orange, assam tea, and acacia honey in the Senja Daterra #04.  
Feel the sensations, and taste of the world famous coffee varieties, processed with inoculants from Indonesia by ordering our exclusive sample box.
Each coffees are packed per 100 grams of green beans that are ready to be roasted as needed. 
Order now to Elin (+62 812 1851 6168 / elin@catur.coffee). Don't miss out!

LinkedIn post, Instagram post 1, Instagram post 2.



Narasi Bahasa Indonesia:  
Musim panen tahun ini telah usai. Ceri merah telah dipetik dan melalui proses pascapanen yang panjang hingga menjadi kopi beras. Bekerja sama dengan para mitra prosesor, kami memproses kopi menggunakan inokulan untuk mencapai profil rasa Senja, Pucuk, Kamala, dan Bumi. Kopi yang sampai ke gudang kami dicicipi melalui proses cupping dan diseleksi ketat oleh tim quality control. Akhirnya, kami memilih 18 kopi untuk rilisan pertama.  
CATUR dengan bangga mempersembahkan CATUR Collection 22/23 1st Release! 
Pesan sample box yang berisi 18 kopi dari 6 daerah (Batukaang, Banjarnegara, Sindoro, Merbabu, Halu, Loa), dan 4 prosesor yang berbeda (Karana Global, Java Halu, Bright Java, Sunny Coffee Bean). Tiap kemasan kopi terdiri dari 100 gram green beans, ditambah dengan enamel pin dan stiker eksklusif.  
Hubungi Elin melalui surel elin@catur.coffee atau WhatsApp 081218516168 untuk informasi lebih lanjut.   
Narasi Bahasa Inggris:  
This year's harvest season is over. The red coffee cherries have been picked and gone through a long post-harvest process to become green beans. Working closely with our processor partners, we process coffee using inoculants to achieve Senja, Pucuk, Kamala, and Bumi taste profiles. The coffees that arrived at our warehouse were tasted through a cupping process and strictly selected by the quality control team. Finally, we selected 18 coffees for the first release. 
CATUR proudly presents CATUR Collection 22/23 1st Release! 
Order a sample box containing 18 coffes from 6 regions (Batukaang, Banjarnegara, Sindoro, Merbabu, Halu, Loa), and 4 different processors (Karana Global, Java Halu, Bright Java, Sunny Coffee Bean). Each coffee pack consists of 100 grams of green beans, plus an exclusive enamel pin and sticker. 
Contact Elin via email elin@catur.coffee or WhatsApp 081218516168 for more information.

LinkedIn post, Instagram post.


Post scriptum: Let's collaborate for more creative content writing or any content production with me! Hit me up on Instagram @kopitala or e-mail kopitala[@]gmail.com.

No comments:

Post a Comment