Pages

Portfolio sebagai Content Writer untuk Narasi Kemasan dan Media Sosial Strada Coffee

Cerita petani dan pengolah kopi menjadi daya tarik tersendiri untuk industri kopi specialty. Informasi kemasan kopi biasanya berisi asal daerah, ketinggian daerah tanam, varietas/kultivar, dan tasting notes. Menyematkan sepotong cerita dari daerah di mana kebun kopi ditanam menjadi pembeda satu roastery dengan roastery lainnya, salah satunya Strada Coffee. 

Menulis cerita atau deskripsi singkat untuk kemasan kopi arabika premium menjadi hal yang cukup menantang. Banyak informasi dari hulu yang perlu dipilah untuk ditampilkan. Berikut beberapa tulisan  narasi produk roasted beans Strada Coffee yang saya tulis. 

Kopi "Terbitlah Terang" dari pengolah kopi Java Halu

 

Narasi Kemasan Terbitlah Terang 

Bertahun-tahun perempuan Gunung Halu memilih menjadi buruh pabrik, pekerja karaoke, sampai menjadi TKW. Meninggalkan pendidikan dan kampung halaman demi menyambung hidup. 

Java Halu bersama Strada Coffee menghadirkan wadah untuk memberdayakan para perempuan Gunung Halu melalui Terbitlah Terang dengan cara menjadi buruh petik, penyortir ceri, admin, hingga pekerja pengolahan limbah kopi saat musum panen telah usai. 

Rasakan manisnya hasil kerja keras kami melalui setiap tegukan kopi Terbitlah Terang. 

Belanja specialty roasted beans di Tokopedia Strada Coffee. 

Link to Instagram content.

Tidak hanya menulis narasi kemasan, saya juga ikut serta menulis untuk kebutuhan media sosial Instagram melalui content writing untuk mikroblog atau carousel. Berikut beberapa narasi dan content writing untuk roasted beans dari berbagai daerah di Indonesia. 

Kopi "Krucil Kirania" dari pengolah kopi Argopuro Krucil (Bylbean Specialty Coffee)

Narasi Kemasan Krucil Kirania
Awalnya, Argopuro Krucil mengolah robusta dengan standar fine robusta. Dalam perjalanannya, tampak potensi kopi arabika untuk dikembangkan lebih lanjut. Kegigihan Argopuro Krucil memproduksi arabika berkualitas telah mengantarkan kopinya ke peringkat 10 Cup of Exellence (CoE) Indonesia 2021. Selain itu, pengolah kopi ini berhasil membuka lapangan kerja bagi warga desa Krucil. Strada Coffee menghadirkan cita rasa kopi arabika Typica dan Kobra yang diproduksi dengan penuh dedikasi.
Mikroblog 1 : Profil Prosesor Kopi Krucil Kirania
Argopuro Krucil dicetuskan oleh Rafiudin Fahri & Dinul Haq Sabyli. Sejak 2013, keduanya memproses kopi arabika yang ditanam di desa Krucil yang terletak di lereng Gunung Argopuro, Jawa Timur. 

Kopi arabika yang diolah berasal dari lahan pribadi dan mitra petani kopi yang tumbuh di ketinggian 1.300-1.500 mdpl. Argopuro Krucil juga memproses kopi robusta dalam jumlah kecil, namun tetap dengan standar fine robusta

Mikroblog 2: Cerita Krucil Kirania - Prestasi prosesor Argopuro Krucil 
Di antara 100 lebih sampel kopi yang masuk seleksi Cup of Excellence Indonesia (CoE) 2021, kopi produksi Argopuro Krucil melaju terus dari seleksi awal hingga penobatan peringkat. Typica dan Kobra adalah varietas kopi yang diolah dan diikutsertakan ke CoE Indonesia 2021. 

Kualitas dan cita rasa kopi yang memikat membawa Argopuro Krucil memperoleh skor 88,15. Secara umum, cita rasa kopi yang dihasilkan seperti raspberry, bakers chocolate, orange, brown sugar, apple, dan masih banyak lagi sehingga menciptakan kompleksitas rasa kopi yang membawanya mendapat nilai tinggi. 

Berkat dedikasi dalam meningkatkan kualitas kopi tersebut, Argopuro Krucil berhasil meraih peringkat 10 dalam ajang CoE 2021. Kini, kopi produksi Argopuro Krucil telah diekspor ke berbagai negara yang mengikuti lelang CoE Indonesia 2021. 

Mikroblog 3: Cerita Krucil Kirania - Varietas dan Proses Pascapanen Kopi Krucil Kirania 
Strada Coffee berkesempatan untuk menyangrai kopi dari Argopuro Krucil untuk panen tahun ini. 

Produksi kopi Argopuro Krucil ini terdiri dari varietas Typica dan Kobra yang dipetik saat ceri berwarna merah. 

Setelah ceri merah dipetik dan dirambang, selanjutnya buah kopi melalui proses pascapanen Natural Anaerob with Yeast

Mikroblog 4: Cerita Krucil Kirania - Origin dan Tasting Notes 
Tanaman kopi Krucil Kirana terdiri dari varietas Typica dan Kobra yang tumbuh di ketinggian 1.300-1.500 mdpl. Berasal dari tanah vulkanis yang subur ini berada di lereng Gunung Argopuro di desa Krucil, Probolinggo, Jawa Timur membuat kopi hasil olahan Argopuro Krucil memiliki cita rasa kopi yang unik dan kompleks. 

Melalui proses cupping yang dilakukan oleh tim Strada Coffee, kami menemukan cita rasa unik untuk dihadirkan ke Strada People.

Saat cupping, kopi Krucil Kirana ini memiliki tasting notes, seperti Grape, Berry, dan Sparkling Lemonade.

Link Instagram content for Mikroblog 1, Mikroblog 2, Mikroblog 3, and Mikroblog 4.

Kopi Kolaborasi Strada Coffee x Coffee Beyond Borders: 2023 Best Kerinci Selections 2023 - Cup of Excellence #19 dan Shasika Kerinci Harro #1  


Narasi Kemasan Cup of Excellence (CoE) #19 - Tunas Baru Farm 
Menjadi bagian dari kelompok tani Tunas Baru Farm telah mendorong Irwandi untuk terus meningkatkan nilai tambah dari kopi yang diolah. Salah satu aksinya adalah turut serta dalam ajang Cup Of Excellence Indonesia 2022. Meski terhalang modal dan fasilitas penjemuran yang minim, Irwandi berhasil meraih posisi 19 dengan skor kopi 87,35. Besar harapan Irwandi akan kestabilan harga kopi agar para petani terus bersemangat mengolah kopi-kopi berkualitas tinggi.

Narasi Kemasan Shasika Kerinci Harro #1
Nurchalis Fadhli bersama HarRo Coffee Group berkomitmen memproduksi specialty coffee sejak 2016. Menggandeng para petani lokal yang menanam kopi di lahan terlantar hingga menjadi perkebunan kopi produktif. Kini, HarRo Coffee Group berhasil memproduksi kopi berkualitas tinggi dengan varietas Sigarar Utang dan Ateng Super. Kombinasi kedua varietas ini diproses dengan Natural Anaerob hingga menghasilkan cita rasa kopi yang unik dan kompleks.
Mikroblog 1: #CeritaKerinci 2023 Best Kerinci Selections, Strada Coffee x Coffee Beyond Borders
Strada Coffee x Coffee Beyond Borders menghadirkan kopi hasil kurasi terbaik kami yang ditanam di lereng Gunung Kerinci. Berasal dari tanah vulkanik yang subur, menghasilkan kopi berkualitas dengan cita rasa yang menawan. 

Rasa kopi yang memikat membuat kedua kopi ini langsung mencuri perhatian saat cupping berlangsung. Tim Strada Coffee segera memesan kopi ini dan menyangrai sendiri di Strada Coffee, Semarang. 

2023 Best Kerinci Selections terdiri dari: 

Cup of Excellence #19
Process: Anaerobic Natural 
Tasting Notes: Red Grape, Vanilla Tea, Red Apple
Variety: Sigarar Utang, Andung Sari 
Origin: Batang Sangir, Kerinci, Jambi 
Altitude: 1.400-1.800 mdpl 
Score: 87,35

Shasika Kerinci Harro #1 
Process: Anaerobic Natural 
Tasting Notes: Mandarin Orange, Mango, Green Tea
Variety: Sigarar Utang, Ateng Super 
Origin: Air Hangat, Kerinci, Jambi 
Altitude: 1.400-1.700 masl

Mikroblog 2: Serba-Serbi Prosesor CoE #19 - Tunas Baru Farm 


Tunas Baru Farm terbentuk sejak awal 2018 dengan Irwandi sebagai salah satu anggotanya. Berlokasi di lereng Gunung Kerinci, Jambi, lahan yang dikelola para petani binaan Tunas Baru Farm totalnya seluas 25 hektar, dengan 45 petani kopi, dan 14 diantaranya menjadi anggota pengurus. 

Tidak selalu mulus, Tunas Baru Farm sering menemukan kendala dalam mengolah produksi kopinya. Mulai dari ketidakmampuan tim dalam mengolah ceri kopi akibat modal hingga fasilitas penjemuran berupa doom yang terbatas sehingga pengeringan ceri menjadi kurang optimal. 

Harapan Irwandi sebagai salah satu anggota Tunas Baru Farm masih sangat besar. Beliau berharap harga kopi bisa lebih stabil supaya petani kopi lebih semangat lagi untuk mengelola kebun dan juga meningkatkan kesejahteraan para petani kopi binaan. 

Mikroblog 3: Serba-Serbi Shasika HarRo Kerinci #1 - HarRo Coffee Group 
HarRo Coffee Group terbentuk sejak Oktober 2016 yang bermula dari program pengembangan kopi arabika bersama petani kopi di Kerinci, Jambi. Hasil dana hibah dari donor digunakan untuk pembentukan kelompok petani, pembinaan, bantuan bibit untuk penanaman kopi, dan pembangunan fasilitas pengolahan kopi.

Saat ini, HarRo Coffee Group bekerja sama dengan 30 petani kopi dengan total luas lahan perkebunan kopi 30-50 hektar. Proses pascapanen dalam mengolah kopi arabika yang dilakukan HarRo Coffee Group terdiri dari Wet Hulled, Dry Hulled, dan Natural. Pengolah kopi robusta menggunakan proses Natural. Rata-rata produksi arabika specialty coffee dan fine robusta per tahun mencapai 18 ton. 

Kualitas kopi olahan HarRo Coffee Group tak perlu diragukan lagi. Baik kopi arabika dan robusta, keduanya pernah meraih skor tinggi pada acara lelang yang diadakan oleh SCAI pada tahun 2017, 2018, dan 2019. Khusus untuk kopi robusta, pernah mendapat nilai tertinggi pada lelang SCAI tahun 2017 dengan skor 84,65.

Bapak Nurchalis Fadhli, pengurus HarRo Coffee Group, menuturkan bahwa modal untuk membeli ceri kopi dari petani menjadi tantangan tersendiri sebagai prosesor. Begitu juga dengan alat pemrosesan kopi yang masih belum lengkap. Beliau berharap bisa membesarkan pengolahan kopi ini, melengkapi peralatan yang masih kurang, dan memperluas lahan jemur kopi untuk meningkatkan produksi kopi. 

Link Instagram content for Mikroblog 1, Mikroblog 2, and Mikroblog 3

Semua foto dan desain konten oleh tim Strada Coffee. 

Mau punya cerita di kemasan kopi maupun media sosial senaratif ini? Segera hubungi saya, Maria Anastasia, melalui direct message (DM) Instagram @kopitala atau surel di kopitala[@]gmail.com.  

No comments:

Post a Comment